Senin, 28 Maret 2011

Tips Titis Membaca Peluang, Gerbang Rahasia Sukses Diri & Bisnis Anda

    Kunci terampil membaca peluang menurut saya sangat sederhana, ini berita baiknya bagi Anda yang belum berkesempatan mengenyam MM, MBA atau study di luar negeri. Semesta senantiasa adil memberi jalan bagi insan manusia yang memiliki keinginan kuat untuk berusaha.
Bagaimana caranya Mas Krisnawan?
Cukup sederhana yaitu gunakan seluruh indera yang ada dalam diri. Sembari pikiran relaks, cobalah fokus dan peka terhadap satu obyek yang unik, khas, beda, yang DITANGKAP indera kita. Super fokus dan super peka untuk setiap yang Anda lihat, dengar, cium, rasakan, inilah rahasia pintu gerbang Anda pandai membaca peluang.
Latihan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah coba lihat secara deep, focus dan peka terhadap satu obyek ada di sekeliling Anda. Saat Anda bertemu pohon, amati secara mendalam satu pohon itu. Perlahan dari akar, naik menuju batang, lihat tekstur kulitnya, perhatikan persimpangan cabangnya, cermati indahnya warna daunnya, saksikan lambaian daunnya, dengarkan suara antar daun saat diterpa angin bergelombang. Dengarkan suara bathin Anda sendiri.
Implementasinya latihan di atas…
    Pernah ke mall khan? Bukan pernah lagi Mas Krisnawan, itu mah menjadi hoby saya dua minggu sekali, he he he. Coba rasakan dan perhatikan, saat Anda berjalan melewati counter Donuts, Creeps, Cake, Food Court, tiba-tiba indera penciuman kita langsung ngeklik pada bau yang terasa lezat. Peluang langsung bisa kita munculkan menjadi ide bisnis di pikiran kita. Ruangan training saya biar trainee bisa merasakan sensasi bau bak counter roti/cake, gimana ya caranya?
Kalau kita pergi ke mall Pondok Indah II atau Plaza Senayan Jakarta, kita bisa melihat tempat shopping yang elegant, berkelas, rapi, desain venue dan counternya warna-warni eye chatching. Indera mata kita menangkap suatu yang beda, unik, sentuhan khas. Hal ini juga dapat melahirkan peluang ide bagaimana agar event training Anda bisa dilihat dan dirasakan customer/trainee penuh sentuhan berkelas, memanjakan mata, dinamis, punya desain training dan venue yang khas.
Contoh praktis lain adalah sebagai berikut:
Ketika ramai dan marak terjadinya penculikan anak, siapa yang paling terusik terhadap masalah ini? Kalau Anda menjawab sebagian besar adalah orang tua, bukankah ini potensial market peluang training/seminar Anda? Pertanyaan penajaman selanjutnya seberapa banyak di market yang sudah mengcreate seminar/training/workshop dengan topik ”Kiat Melindungi Anak dari Tindakan Penculikan”. Sayangnya, dunia training kalah cepat di banding dunia media massa yang sudah membuat liputan khusus dalam konteks ini.
Saat sebagian besar stasiun TV tanah air berlomba menyajikan acara berita yang berkelas high, mengangkat masalah politik, gaya hidup metropolis, pangung musik spektakuler, coba perhatikan gaya liputan TRANS TV. Ia mampu membaca peluang menjadi trend setter untuk liputan wisata kuliner ’Mak Nyuus’ nya Bondan, reportase investigatif Bakso berformalin, kerang hijau berzat warna hijau, reportase sisi lain, acara extravaganza (acara humor bukan dibawakan pelawak)
Saat kita berjalan ke tempat-tempat baru, selalu saja ada cara, ada peluang, ada kesempatan untuk kita mengcreate ide untuk training2 kita. Sahabat saya, Bro Harry ’Uncommon’ Purnama, menemukan EUREKA dalam hidupnya, saat membaca papan ajakan untuk mencuci tangan agar tangan selalu sehat dan bersih. Peristiwa Eureka ini ditemukan oleh Bro Harry ’Uncommon’, di salah satu sudut ruangan di toilet sebuah perusahaan. Tempat yang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai proses ’numpang mampir’ semata. Dan yang tak pernah kita bayangkan, proses deep dan focus mengamati, mencermati pada akhirnya melahirkan BRAND Training Harry ‘Uncommon’ Purnama: ”WASH YOUR HAND” 5 Teknik TERMUDAH untuk Mengubah Diri Sendiri.    ”WASH YOUR HAND” Sebuah brand unik, membumi, mudah diingat dan dimengerti, diciptakan saat pikiran sedang relak, deep, focus oleh Bro Harry Uncommon di sebuah toilet, bukan di kelas bersertifikasi, bukan di sekolah bertitle master, bertarif puluhan juta rupiah. Luar biasa!
Saat banyak orang bingung mencari peluang bisnis, stress mencari tambahan uang, ikut berbagai program yang memberi resep kaya, cobalah praktekkan cara sederhana di atas.
Bagi saya uang adalah ide. Hanya ide yang laik jual yang akan jadi uang. Ide yang laik jual pasti dihasilkan dari kepekaan membaca peluang.
Pandai-pandailah membaca peluang, jika Anda tak ingin terbuang.
www.wordpress.com

.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More